Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa

Raki Subagja
2411907585
2023
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Meningkatnya bisnis retail di Indonesia membuat perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi agar dapat tetap bertahan, perusahaan retail seperti berlomba-lomba dalam membangun toko baru. hal ini menyebabkan menurunnya tingkat loyalitas pelanggan di Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa. faktor menurunnya tingkat loyalitas pelanggan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh adanya ketidakpuasan antara kualitas pelayanan, promosi dan lokasi toko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pengaruh kualitas pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 104 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji F Uji t dan Uji R2. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heterokedastisitas. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 59,6% faktor-faktor loyalitas pelanggan dapat dijelaskan kualitas pelayanan, promosi dan lokasi sedangkan sisanya 40,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, promosi dan lokasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (51,633) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (2,209) dan variabel lokasi menunjukkan hasil analisis thitung (2.973) dimana ttabel (1,983) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa. Adapun variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa dengan nilai hasil analisis thitung (1,457). Variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan Toko Indomaret Mayjen Ishak Djuarsa adalah lokasi.

Kata kunci: kualitas pelayanan, promosi, lokasi, loyalitas pelanggan

S1 Manajemen
89