Usulan Penerapan Business Model Canvas (BMC) Dalam Menentukan Strategi Bersaing (Studi Kasus Pada PT. Bina Artha Ventura Cabang Babelan Bekasi)

Khusnul Hayati
2411907370
2023
Usulan Penerapan Business Model Canvas (BMC) Dalam Menentukan Strategi Bersaing (Studi Kasus Pada PT. Bina Artha Ventura Cabang Babelan Bekasi)
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Perkembangan dunia usaha saat ini tumbuh dengan pesat ditandai dengan semakin ketatnya persaingan. Oleh karena itu, perusahaan perlu merumuskan strategi bisnis untuk meningkatkan daya saing. Dalam merumsukan strategi, perusahaan harus memiliki gambaran dasar pemikiran tentang bagaimana perusahaan atau organisasi beroperasi. Melalui Business Model Canvas, perusahaan dapat melihat bisnis secara garis besar namun juga setiap elemen yang terkait dengan bisnis akan terlihat lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing yang sesuai untuk diterapkan di PT Bina Artha Ventura Cabang Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan kunci, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Data yang diperoleh akan di analisis menggunakan 9 blok Business Model Canvas dan analisis SWOT. Hasil analisis menggunakan BMC menunjukkan bahwa perusahaan memiliki keseluruhan elemen blok BMC. Dari perhitungan hasil evaluasi faktor internal kekuatan (S) dan kelemahan (W) maka diperoleh nilai dari Kekuatan (S) + Kelemahan (W) = 3,58. Sedangkan perhitungan hasil evaluasi faktor eksternal peluang (O) dan ancaman (T) maka diperoleh, Peluang (O) + Ancaman (T) = 3,73. Ini menujukan perusahaan berada pada posisi kuadran I dalam diagram analisis SWOT dengan rekomendasi strategi Agresif. Untuk menghadapi persaingan, perusahaan dapat menerapkan strategi pengembangan pasar dengan memperluas segmen pelanggan, strategi penetrasi pasar dengan pengembangan personal branding staff dan peningkatan aktivitas pemasaran digital, strategi pengembangan produk dengan adanya produk Individual Lending, dan strategi integrasi untuk mendukung value proposition.

Kata kunci: Business Model Canvas, analisis SWOT, strategi, persaingan.

S1 Manajemen
80