Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Fashion Rabbani Kota Bogor.

Deviyanti
2411907451
2023
Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Fashion Rabbani Kota Bogor.
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Berkaitan dengan maraknya perusahaan fashion muslim saat ini, terdapat brand lokal maupun mancanegara yang berkembang pesat khususnya di Bogor, seperti Shafira, Zoya, Elzatta, Nibras, Hikmat, Nobby dan masih banyak brand fashion muslim baru lainnya yang memberikan pengaruh besar pada industri fashion salah satunya Toko Rabbani Kota Bogor. Adapun permasalahan yang terjadi ialah dominasi keinginan pembeli untuk mendapatkan produk Rabbani dengan harga yang rendah dan menengah, masih terdapat sejumlah orang yang belum familiar dengan merek Rabbani terutama di wilayah terpencil serta terdapat beberapa pelanggan mengeluhkan pelayanan karyawan yang kurang memuaskan seperti kesalahan dalam memberikan produk yang mengakibatkan terjadinya return. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, citra merek dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan fashion Rabbani Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kausal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei berupa observasi dan pengumpulan data kuesioner yang diolah menggunakan alat analisis SPSS versi 23. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan karakteristik sampling aksidental. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian uji F diperoleh nilai F sebesar 43,490 > F tabel sebesar 2,47 dengan tingkat signifikansi 0,000 atau < 0,05, maka secara simultan variabel harga, promosi, citra merek dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki t hitung sebesar 3,476 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,001 < 0,05 dan variabel kualitas layanan dengan t hitung 3,528 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,001 < 0,05, artinya secara parsial variabel promosi dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara, variabel harga memiliki nilai thitung -1,104 < ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,273 > 0,05 dan variabel citra merek dengan nilai t hitung 1,801 < ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,075 > 0,05, artinya secara parsial variabel harga dan citra merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi yang peroleh (R Square) sebesar 0,632 yang berarti bahwa variasi yang terjadi pada variabel Y (kepuasan pelanggan) adalah sebesar 63,2% ditentukan oleh variabel harga, promosi, citra merek dan kualitas layanan, sisanya sebesar 36,8% (100% - 63,2%) dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata kunci: Harga, promosi, citra merek, kualitas layanan, kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
90