PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MITRA10 BOGOR

Mia Afriani
2411806989
2023
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MITRA10 BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

ABSTRAK MIA AFRIANI. NIM 2411806989. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mitra10 Bogor. Pertumbuhan di sektor properti yang terus meningkat, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang menambah wawasan masyarakat akan desain serta naiknya daya beli, merupakan faktor-faktor penentu bagi pertumbuhan industri material bangunan di Indonesia saat ini. Konsumen bahan bangunan dewasa ini tak hanya terpaku pada jenis bahan-bangunan maupun harganya, tapi sudah menunjukkan ketertarikannya akan kualitas, bentuk dan merek serta kelas suatu bahan-bangunan. Bahkan beberapa konsumen menuntut adanya kenyamanan dalam berbelanja bahan bangunan layaknya berbelanja di supermarket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mitra10 Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 74,6% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 25,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu Fhitung (142,726) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,599) dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (6,847) dimana ttabel(1,980) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Mitra10 Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Mitra10 Bogor adalah kualitas pelayanan. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Kata kunci: Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
13