Pengaruh Iklan, Kemudahan, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Penggunaan E-Wallet Di Kab. Bekasi

Armelia
2411908001
2023
Pengaruh Iklan, Kemudahan, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Penggunaan E-Wallet Di Kab. Bekasi
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Era digital saat ini yang begitu pesat pertumbuhan teknologinya, telah banyak membantu peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa. Munculnya perusahaan baru atau start up yang memanfaatkan perkembangan teknologi dibedakan menjadi dua, yaitu e-commerce dan Financial Technology ( FinTech ). Kondisi pandemi sedikit banyak mempengaruhi perilaku manusia dalam beberapa hal salah satunya sistem pembayaran konvensional menjadi digital. Pembayaran secara non-tunai sudah banyak digunakan masyarakat sebagai alternatif pembayaran karena lebih efektif dan efisien bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Iklan, Kemudahan, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Penggunaan e-wallet di Kab. Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif-korelatif dengan metode penelitian yang digunakan berupa pengumpulan data kuesioner melalui google form. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 96 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 92,4% faktor-faktor keputusan penggunaan e-wallet dapat dijelaskan oleh iklan, kemudahan, dan kepercayaan konsumen sedangkan sisanya 7,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel iklan, kemudahan, dan kepercayaan konsumen secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (386,389) > Ftabel (3,095). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel iklan menunjukkan hasil analisis thitung (2,348), variabel kemudahan menunjukkan hasil analisis thitung (4,502), dan kepercayaan menunjukkan hasil analisis thitung (6,310) dimana ttabel (1,986) maka secara parsial variabel iklan, kemudahan, dan kepercayaan konsumen tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet di Kab. Bekasi. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan penggunaan e-wallet di Kab. Bekasi adalah kepercayaan konsumen.

Kata kunci: Kata kunci : iklan, kemudahan, kepercayaan konsumen, keputusan penggunaan e-wallet.

S1 Manajemen
40