Pengaruh Keragaman Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Baskin Robbins Cabang Cibubur

Adnan Fauzi
2411907675
2023
Pengaruh Keragaman Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Baskin Robbins Cabang Cibubur
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Perkembangan bisnis food and beverage di era globalisasi saat ini semakin berkembang pe sat, hal tersebut ditandai dengan berbagai banyaknya usaha makanan dan minuman dari mulai usaha yang besar maupun kecil yang bergerak di bidang retail. Food and Beverage (FnB) merupakan salah satu bentuk bisnis retail yang memiliki prospek baik dan tidak akan pernah mati dikarenakan setiap makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Keragaman Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Baskin Robbins Cabang Cibubur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitia kuantitatif asosiatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 42,00% faktor-faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh keragaman produk, dan harga sedangkan sisanya 58,00% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel keragaman produk, dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (36,811) > Ftabel (3,090). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel keragaman produk menunjukkan hasil analisis thitung (5,800) dimana ttabel (1,980), dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (3,325) dimana ttabel (1,980), maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Baskin Robbins Cabang Cibubur. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen Baskin Robbins Cabang Cibubur adalah keragaman produk.

Kata kunci: Keragaman Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen

S1 Manajemen
44