PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SENTRA GRAFIKA KOMPUMEDIA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualtias Pelayanan Dan Komunikasi Customer Service Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Pt. Sentra Grafika Kompumedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunkan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Insidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 96 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan Komunikasi costumer service secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sentra Grafika Kompumedia. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sentra Grafika Kompumedia. Adapun variabel Komunikasi Costumer Service secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sentra Grafika Kompumedia. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa 70,4% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Costumer Service sedangkan sisanya 29,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada PT. Sentra Grafika Kompumedia.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi Customer Service, Kepuasan Pelanggan.