PENGARUH KEPUASAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DEALER HONDA AMARTA BEKASI

Devi Putri Natalia Hutauruk
2411907399
2023
PENGARUH KEPUASAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DEALER HONDA AMARTA BEKASI
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Industri otomotif Indonesia terus menggeliat dan menunjukkan kondisi positif di tengah perekonomian dalam negeri yang melambat pada tahun ini. Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya kuantitas kendaraan yang dimiliki masyarakat pada saat ini, khususnya industri sepeda motor sangat tampak perkembangannya, sepeda motor lahir dengan berbagai merek, model, tipe, warna, dan spesifikasi lainnya. Dengan perkembangan dunia usaha yang berkembang dengan sangat pesat, mengakibatkan konsep pemasaran pun turut berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kepuasan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan di Dealer Honda Amarta Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penilaian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara incidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 75 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 71,80% faktor-faktor loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh kepuasan dan citra merek sedangkan sisanya 28,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepuasan dan citra merek secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (95,399) > Ftabel (3,12). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan menunjukkan hasil analisis thitung (2,678) dan variabel citra merek menunjukkan hasil analisis thitung (3,962) dimana ttabel (1,990) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Dealer Honda Amarta Bekasi. Variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan di Dealer Honda Amarta Bekasi adalah citra merek.

Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan.

S1 Manajemen
82