PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH GADAI EMAS DI PT. PEGADAIAN CABANG RENGASDENGKLOK

Nurlaela
2411907280
2023
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH GADAI EMAS DI PT. PEGADAIAN CABANG RENGASDENGKLOK
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Gadai emas di PT. Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sempel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel yang diambil berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 33,4% faktor-faktor kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 66,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (25,802) > Ftabel (3,090). Sedangkan untuk hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (4.025) dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (4,652) dengan ttabel sebesar (1,984) maka secara parsial variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah gadai emas di PT. Pegadaian Cabang Rengasdengklok. Variabel dominan yang mempengaruhi kepuasan nasabah gadai emas di PT. Pegadaian Cabang Rengasdengklok adalah Kualitas Pelayanan.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Nasabah

S1 Manajemen
47