Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel AHASS PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Cibitung

Wahyudin
Aldi Friyatna Dira, SE., MM
2411907344
2023
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel AHASS PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Cibitung
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Perkembangan bisnis dewasa ini menuju ke arah yang lebih meningkat terutama pada sektor bidang industri otomotif yang saat ini menunjukkan peningkatan yang cukup pesat pada sarana transportasi. Hal ini diiringi dengan semakin meningkatnya mobilitas manusia yang kemudian kebutuhannya akan sarana transportasi pun semakin meningkat terutama pada kendaraan bermotor. Dengan begitu tentunya para pemilik sepeda motor pun menginginkan agar kendaraan motornya tetap beroperasi dengan stabilitas yang baik agar selalu aman dan nyaman saat dibawa berkendara. Untuk itu maka motor pun memerlukan perawatan rutin pada mesin kendaraannya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel AHASS PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Cibitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara insidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil yang diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,517 atau 51,7%,. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (36,340) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (5,100) dan variabel lokasi menunjukkan hasil analisis thitung (3,006) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel AHASS PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Cibitung. Adapun variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel AHASS PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Cibitung dengan nilai hasil analisis thitung dari variabel kualitas pelayanan (0,634) dimana ttabel (1,984). Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Bengkel AHASS PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Cibitung adalah harga dan lokasi.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan.

S1 Manajemen
141