Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RS Melania
Pelayanan kesehatan saat ini menunjukkan sistem pelayanan kesehatan yang semakin tanggap terhadap kebutuhan pasien dan masyarakat. Oleh karena itu rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga citra dan kualitas pelayanannya untuk meningkatkan kepuasan pasien. Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat sering dihadapkan pada permasalahan apakah pelayanan yang diberikan mampu memenuhi harapan pasien atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien di RS Melania. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan metode penelitian pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel sebanyak 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 36% faktor kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh citra dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 64% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra rumah sakit dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan hasil Fhitung =28.798 > Ftabel = 3,090. Hasil uji t menunjukkan variabel citra rumah sakit menunjukkan hasil thitung (2,931) dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (4,980) dimana ttabel (1,984) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di RS Melania. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien di RS Melania adalah kualitas pelayanan.
Kata kunci: Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
- COVER_HURUL AINI_2411907485.pdf
- BAB I_HURUL AINI_2411907485.pdf
- BAB II_HURUL AINI_2411907485.pdf
- BAB III_HURUL AINI_2411907485.pdf
- BAB IV_HURUL AINI_2411907485.pdf
- BAB V_HURUL AINI_2411907485.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_HURUL AINI_2411907485.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.