Pengaruh Promosi, Lokasi dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Story Garden Cafe

Siti Herlina
2411907625
2023
Pengaruh Promosi, Lokasi dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Story Garden Cafe
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

ABSTRAK SITI HERLINA. NIM 2411907625. Pengaruh Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Story Garden Cafe. Kuliner menjadi salah satu hobi yang bisa dikatakan bukan hobi baru oleh masyarakat. Mulai dari restoran, restoran cepat saji, rumah makan, dan kafe semua ada. Dari sekian banyak tempat makan yang ada, kafe menjadi salah satu tempat yang paling populer di kalangan anak muda di era modern seperti ini. Sekarang ini istilah kuliner bukan lagi sekedar mencoba makanan atau minuman baru, tapi juga mengenai eksistensi setiap individu dimedia sosial. Banyak pengusaha kafe berlomba-lomba menyajikan menu-menu yang tidak hanya enak, namun juga desain tempat yang menarik supaya konsumen menjadi tertarik untuk datang ke tempat tersebut. Dalam persaingan bisnis kuliner yang semakin pesat, membuat pemilik usaha kuliner berlomba-lomba menarik kepuasan konsumen. Diantaranya yaitu melalui strategi promosi, lokasi dan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Story Garden Cafe. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian penjelasan dengan metode penelitian berupa pengumpulan data dengan mempergunakan kuesioner. Model analisis data yang dipergunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel mempergunakan teknik non-probability sampling dan teknik pengambilan sampel berupa sampling inisidental. Adapun sampel berjumlah 100 responden, dengan mempergunakan regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 58,3% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh promosi, lokasi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan promosi, lokasi dan kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (47,171) > Ftabel (2,70). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (3,794), variabel lokasi menunjukkan hasil analisis thitung (3,054) dan variabel kualitas pelayanan menunjukan hasil analisis thitung (8,890) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Story Gaden Cafe. Variabel yang dominan mempengaruhi terhadap kepuasan pelanggan pada Story Garden Cafe adalah kualitas pelayanan. Kata kunci: promosi, lokasi, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.

Kata kunci: promosi, lokasi, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
56