PENGARUH SOSIALISASI DAN TINGKAT PEMAHAMAN NASABAH TERHADAP MINAT CICIL EMAS DI PEGADAIAN CP-CIKARANG

Rizma Dwi Daniswari
2411907321
2023
PENGARUH SOSIALISASI DAN TINGKAT PEMAHAMAN NASABAH TERHADAP MINAT CICIL EMAS DI PEGADAIAN CP-CIKARANG
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Pertumbuhan nasabah Pegadaian CP-Cikarang antara September 2022 hingga Februari 2023 mengalami fluktuasi yang cukup signifikan. Pada 4 bulan pertama tahun ini, yaitu September hingga Desember 2022, jumlah pelanggan semakin meningkat. Pada bulan Januari tahun 2023, jumlah pelanggan mengalami penurunan dan kembali meningkat pada bulan Februari 2023. Perubahan ini menggambarkan perubahan dinamika minat nasabah terhadap cicil emas di Pegadaian CP-Cikarang. Fluktuasi tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial dan ekonomi yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memanfaatkan layanan Pegadaian CP-Cikarang. Upaya mengelola dan menganalisis fluktuasi ini dapat membantu mengidentifikasi pola dan peluang untuk mendorong pertumbuhan nasabah secara lebih konsisten di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Sosialisasi Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Minat Cicil Emas Di Pegadaian CP- Cikarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif-korelatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling, sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden yang merupakan responden sosialisasi Pegadaian CP-Cikarang selama 6 bulan mulai dari bulan Oktober tahun 2022 sampai dengan Februari tahun 2023. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 61% faktor-faktor minat dapat dijelaskan oleh sosialisai dan pemahaman sedangkan sisanya 39% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan sosialisasi dan pemahaman secara bersama berpengaruh signifikan terhadap minat dengan hasil analisis yaitu Fhitung(76,911) > Ftabel (3,09). Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel sosilisasi menunjukkan hasil analisis thitung (2,286) dimana ttabel (1,98), maka secara parsial sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap minat cicil emas di Pegadaian CP-Cikarang. Adapun variabel pemahaman juga bepengaruh signifikan terhadap minat cicil emas di Pegadaian CP-Cikarang dengan hasil analisis thitung (8,560). Variabel dominan yang mempengaruhi minat cicil emas di Pegadaian CP-Cikarang adalah pemahaman.

Kata kunci: sosialisasi, pemahaman, minat

S1 Manajemen
73