Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Di SMK Mahardika Bogor

Syifa Fauziah
2411907849
2023
Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Di SMK Mahardika Bogor
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Dalam dunia pendidikan fasilitas belajar sekolah yang memadai dan lingkungan belajar yang nyaman dapat mempengaruhi siswa dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, dengan adanya motivasi belajar terhadap minat belajar maka akan muncul kesadaran diri untuk terus belajar dan berusaha untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar, lingkungan belajar, motivasi belajar terhadap minat belajar di SMK Mahardika Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengamatan siswa, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Adapun sampel tersebut berjumlah 63 responden, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 64% faktor-faktor minat belajar dapat di jelaskan oleh fasilitas belajar, lingkungan belajar dan motivasi belajar sedangkan sisanya 36% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan fasilitas belajar, lingkungan belajar dan motivasi belajar secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (37,958) > Ftabel (2.54). Hasil uji t menunjukkan bahwa lingkungan belajar menunjukkan hasil analisis thitung (0,266) dan variabel motivasi belajar menunjukkan hasil analisis thitung (3,206) dimana ttabel (2,75) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap di SMK Mahardika Bogor. Adapun variabel fasilitas belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar di SMK Mahardika Bogor dengan nilai hasil analisis thitung (3,206). Variabel yang dominan mempengaruhi minat belajar di SMK Mahardika Bogor.

Kata kunci: fasilitas belajar, lingkungan belajar, motivasi belajar, minat belajar

S1 Manajemen
125