ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PERUSAHAAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG BOGOR

Ria Ariyani
2411907595
2023
ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PERUSAHAAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Perkembangan dunia bisnis yang pesat dan globalisasi mengakibatkan terciptanya persaingan antar perusahaan semakin tinggi dan kompetitif. Oleh karena itu, pengukuran kinerja merupakan faktor penting bagi perusahaan sebagai upaya menilai prestasi. Adapun permasalahan yang dihadapi masih banyak perusahaan yang berfokus hanya pada aspek keuangan saja dan mengabaikan kinerja non keuangan karena dianggap sulit dalam pengukurannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja perusahaan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Bogor jika diukur dengan metode Balanced Scorecard yang memiliki empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode penelitian berupa dokumentasi, observasi, wawancara, dan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik sampel jenuh dengan 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kinerja perusahaan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Bogor jika diukur menggunakan metode Balanced Scorecard termasuk dalam kondisi Cukup Baik. Perspektif keuangan dinilai menggunakan rasio keuangan yaitu Net Profit Margin (NPM) dalam kondisi Baik, Return On Investment (ROI) dalam kondisi Kurang Baik, dan Return On Equity (ROE) dalam kondisi Cukup Baik. Perspektif pelanggan dinilai menggunakan indikator customer acquisition, customer retention, market share, dan ketiganya dalam kondisi Sangat Baik. Perspektif proses bisnis internal dalam kondisi Cukup Baik dan dinilai dengan indikator proses inovasi dan proses operasi. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai dengan indikator retensi karyawan dan produktivitas karyawan dalam kondisi Sangat Baik.

Kata kunci: Kinerja, Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard

S1 Manajemen
62