PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. MEDIALI SINERGI TAHUN 2023

Belinda
61101020200036
2023
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. MEDIALI SINERGI TAHUN 2023
Depok-GICI Business School-2023
Tesis

Penelitian ini membahas tentang pengaruh komunikasi pemasaran dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan di PT. mediali Sinergi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran dan kepercayaan sebagai variabel independen, kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dan loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer di mana metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner disebar kepada pelanggan PT. Mediali Sinergi melalui google form. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 50 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling, di mana metode ini sesuai untuk digunakan pada penelitian kuantitatif, atau penelitian-penelitian yang tidak melakukan generalisasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung 2,34 > dari t tabel 1,67; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan dengan t hitung sebesar 6,52 > dari t tabel 1,67; (3) terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan antara komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung sebesar 1,03 < dari t tabel 1,67; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung sebesar 2,02 > dari t tabel 1,67; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung sebesar 2,05 > dari t tabel 1,67; (6) kepuasan pelanggan tidak terbukti mampu memediasi antara komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sobel test yaitu 1,30 < 1,67 (t tabel); (7) kepuasan pelanggan terbukti mampu memediasi antara komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sobel test 1,84 > 1,67 (t tabel).

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan

S2 Manajemen
81