ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Indri Rahmawati
2411907737
2023
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran yang digunakan guna meningkatkan jumlah pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, serta untuk mengetahui dan mengatasi masalah yang dialami perusahaan dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif yaitu penelitian ini tidak melakukan percobaan (eksperimen) pada obyek penelitian, tetapi hanya menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan menurut matrik QSPM. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan daftar pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis matriks SWOT dan strategi SO-WO-ST-WT, kita dapat mengambil beberapa kesimpulan mengenai posisi dan potensi Taman Mini Indonesia Indah (TMII): 1. Kekuatan dan Peluang: Beragamnya paviliun dan budaya Indonesia, fasilitas yang terawat, dan reputasi sebagai destinasi budaya menjadi poin kuat. Peningkatan minat pada pariwisata budaya dan pemanfaatan teknologi AR/VR adalah peluang yang dapat dimanfaatkan. 2. Kelemahan dan Ancaman: Tidak memadainya representasi beberapa budaya daerah, fasilitas yang memerlukan perbaikan, dan kurangnya promosi yang efektif merupakan tantangan yang harus diatasi. Persaingan dari destinasi serupa dan keterbatasan teknologi dapat menjadi ancaman.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran, Pengunjung

S1 Manajemen
247