STUDI KELAYAKAN BISNIS SKYMO APPAREL SANCANG BOGOR
Bisnis fashion saat ini memang semakin berkembang terutama di Indonesia. Hal ini, menjadi salah satu peluang dalam mendirikan usaha. Adanya peluang bisnis tersebut, kemudian dimanfaatkan oleh Skymo Apparel. Untuk mendirikan suatu usaha sangat penting adanya analisis studi kelayakan untuk mengetahui apakah usaha dapat diterima (layak) atau ditolak (tidak layak). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek kelayakan usaha Skymo Apparel Sancang Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, dan manajemen sumber daya manusia serta aspek finansial dengan perhitungan kelayakan berupa Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Profitability Index (PI). Dari aspek finansial tersebut yang digunakan menunjukan bahwa usaha Skymo Apparel layak untuk dikembangkan dan dari aspek hukum, pemasaran, teknis dan sumber daya manusia juga memberikan gambaran potensi yang baik. Hasil penelitian menunjukan setiap aspek dalam penelitian ini dinyatakan layak, salah satunya dalam aspek keuangan. Dalam laporan keuangan memberikan nilai yang positif dengan hasil PP 1 bulan 3 hari, dinyatakan layak karena lebih cepat dari umur ekonomis, NPV Rp. 840.851.405 layak karena bernilai positif atau lebih dari nol, IRR nya pun lebih dari 38% dengan nilai 38,93%, dan PI dianggap layak dengan angka lebih dari 1 yaitu 18.
Kata kunci: Study Kelayakan Bisnis, Pengembangan Usaha, Skymo Apparel Sancang Bogor, Aspek Hukum, Pasar dan Pemasaran, Teknis, Operasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Keuangan.
- COVER_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
- BAB I_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
- BAB II_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
- BAB III_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
- BAB IV_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
- BAB V_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_ALFIANSYAH_2411907416.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.