PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM RAGING ROSS DI KOTA BOGOR

Rian Apriansyah
2411907597
2023
PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM RAGING ROSS DI KOTA BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Dalam situasi bisnis saat ini, persaingan semakin ketat. Perusahaan-perusahaan berlomba keras dengan menghadirkan produk-produk inovatif guna bertahan dan bersaing di pasar. Salah satu produk yang dianggap penting oleh sebagian masyarakat adalah parfum. Untuk mempengaruhi keputusan pembelian, faktor-faktor seperti harga, kualitas produk, dan promosi harus diperhatikan. Strategi promosi, termasuk promosi penjualan, menjadi elemen penting dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian produk perusahaan. Fakta yang ditemukan di lapangan, bahwa Toko Parfum Raging Ross kurang aktif dalam melakukan promosi. Selain itu, permasalahan lain dari promosi produk di toko tersebut adalah pembeli bertanya karena tidak adanya bonus dari produk yang biasa dibeli., sehingga konsumen kebanyakan lebih memilih parfum isi ulang yang lebih murah harganya dan sering mendapatkan bonus dengan perbandingan buy 2 get 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian parfum Raging Ross Di Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian berupa pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel slovin dengan 81 responden, yaitu pembeli parfum Raging Ross Di Kota Bogor. Hasil koefisien determinasi (ajusted R square) menunjukkan bahwa 55,5% faktor Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk sedangkan sisanya 44,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan secara simultan variabel Promosi, Harga dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung (32,458) >F tabel (2,723). Hasil uji t menunjukkan variabel Promosi dan Harga t hitung (-0584) dimana ttabel (1,990), (-0.300) maka variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian parfum raging ross di Kota Bogor Variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Parfum Raging Ross di Kota Bogor dengan nilai t hitung (6,125).

Kata kunci: Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
186