STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SINGKONG IBU IKA DI DESA CIANGGER KECAMATAN CIGUDEG
ABSTRAK Wirausaha merupakan salah satu pendekatan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang mandiri. Kewirausahaan merupakan kegiatan yang tujuannya untuk mencapai kemandirian, terutama dalam hal ekonomi. Beberapa pelaku bisnis baru telah tercipta sebagai hasil dari munculnya pengusaha baru yang inovatif dan kreatif, yang telah memicu ekspansi ekonomi global. UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian. Karena dapat meningkatkan nilai tambah produk pertanian petani, khususnya singkong yang diolah menjadi keripik singkong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Usaha Keripik Singkong Ibu Ika jika ditinjaju dari aspek-aspek business model canvas serta mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal apa saja yang mampengaruhi perkembangan usaha keripik singkong, alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan oleh usaha keripik singkong ibu ika. Dalam merumuskan strategi, peneliti harus menggunakan business model canvas yang terdiri dari sembilan blok yaitu, yaitu customer relationships (hubungan pelanggan), key partners (kemitraan utama), value preposition (proporsi nilai), customer segments (segmen pelanggan), channels (saluran), revenue streams (arus pendapatan), key recources (sumber daya utama), key activities (aktivitas kunci) dan cost structure (struktur biaya). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa menggunakan business model canvas dan juga menggunakan SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan BMC menunjukan bahwa keripik singkong ibu ika sudah memenuhi 9 aspek BMC namun masih perlu dikembangan untuk menunjang perkembangan bisnis yang signifikan. Hasil analisis SWOT menunjukan usaha keripik singkong berada di posisi sedang yaitu hold & maintain hal ini merupakan keadaan dimana keripik singkong menglami suatu masa pertumbuhan dan dapat dikelola dengan cara terbaik menggunakan strategi presentasi pasar dan pengembangan produk dimana strategi yang umum digunakan untuk keripik singkong. Berdasarkan matrik SWOT telah dikelompokan usulan strategi S-O, strategi W-T, strategi S-T, dan strategi W-T.
Kata kunci: Bisnis Model Canvas (BMC), SWOT, IFE, EFE, matrik SWOT
- COVER_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
- BAB I_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
- BAB II_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
- BAB III_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
- BAB IV_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
- BAB V_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_IMA PAUJIAH_2411907491.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.