PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENDAFTAR DI STIE GICI BUSINESS SCHOOL
Pendidikan tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. STIE GICI, sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi calon mahasiswa dalam memilih mereka sebagai tempat untuk mengejar pendidikan. Faktor-faktor seperti promosi, harga, dan kualitas produk memiliki peran penting dalam strategi pemasaran institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi keputusan calon mahasiswa untuk memilih STIE GICI sebagai institusi pendidikan mereka. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan calon mahasiswa dalam memilih STIE GICI. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melibatkan 80 calon mahasiswa yang berpotensi bergabung dengan institusi tersebut. Hasil uji regresi menunjukan nilai R Square sebesar 0.495 atau 49.5%. hal ini berarti variabel promosi, harga dan kualitas produk mampu menjelaskan keputusan mahasiswa mendaftar di STIE GICI sebesar 49.5 % dan sisanya sebesar 50.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa mendaftar di STIE GICI dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (26.855) > dari Ftabel (2.72) dengan nilai signifikansi 0.00<0.05. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (6.362), variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4.873) dan kualitas produk menunjukan hasil thitung (5.323) dimana ttabel 1.99 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi STIE GICI dan institusi pendidikan lainnya dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan calon mahasiswa. Dengan memperhatikan aspek promosi, harga, dan kualitas produk, institusi dapat meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk menarik minat calon mahasiswa dan meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Ini adalah langkah kunci dalam mempertahankan daya saing di dunia pendidikan tinggi yang kompetitif saat ini
Kata kunci: Promosi, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
- COVER_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
- BAB I_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
- BAB II_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
- BAB III_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
- BAB IV_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
- BAB V_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_DEDE SITI SYAMSIAH_611010200009.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.