ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA PADA STIE GICI BUSINESS SCHOOL BOGOR
STIE Gici Business School Bogor sebagai salah satu dari Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bogor harus mampu menghadapi persaingan yang begitu ketat dengan lembaga pendidikan swasta lainnya, dan harus dapat memberikan serta meningkatkan kepuasan mahasiswa yang akan berdampak terhadap loyalitas mahasiswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis bauran pemasaran yang terdapat pada jasa yang ditawarkannya yang terdiri dari: produk/program studi , harga/biaya pendidikan , lokasi , promosi , orang , proses , dan bukti fisik . Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran jasa yang meliputi: produk/program studi , harga/biaya pendidikan , lokasi , promosi , orang , proses , dan bukti fisik terhadap kepuasan mahasiswa serta dampaknya pada loyalitas mahasiswa. Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan metode survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan analisis Model Persamaan Struktural (Structural Equation Model) dengan pengolahan data menggunakan program komputer SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Orang berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Proses tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Orang berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Proses tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa . Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Produk dan Orang bepengaruh signifikan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Mahasiswa . Harga, Lokasi, Promosi , Proses dan Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa.
Kata kunci: produk/program studi , harga/biaya pendidikan , lokasi , promosi , orang , proses , bukti fisik, kepuasan dan loyalitas
- Cover_Sopian_61101020200031.pdf
- BAB I_Sopian_61101020200031.pdf
- BAB II_Sopian_61101020200031.pdf
- BAB III_Sopian_61101020200031.pdf
- BAB IV_Sopian_61101020200031.pdf
- BAB V_Sopian_61101020200031.pdf
- Daftar Putaka_Sopian_61101020200031.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.