ANALISIS STRATEGI BERSAING TOKO RYANCELL LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR

Irma Yulianti
2411907501
2023
ANALISIS STRATEGI BERSAING TOKO RYANCELL LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang akan datang agar dapat meningkatkan penjualan, Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT, BMC dan IFE EFE. Hasil penelitian ini menunjukan nilai tertimbang Matriks Faktor Strategi Internal (IFAS) adalah 2,0-2,9 posisi tersebut berada di posisi sedang, Hal tersebut merupakan keadaan dimana Toko Ryancell mampu untuk mencapai penjualan dengan baik, aset, profit atau kombinasi ketiganya dengan menggunakan Strategi Meningkatkan Pelayanan yang memuaskan, serta Mendapatkan kualitas yang baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yang menjadi sumber penelitian ini adalah Owner, Karyawan dan jumlah subjeknya berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yaitu observasi langsung dan wawancara. Selanjutnya teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif peneliti bertindak menganalisis jawaban yang diberikan oleh responden tentang masalah atau pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Toko Ryancell menjual produk handphone dan accecoris dengan beragam merek dan beraneka ragam bentuk dan warna. Dalam memasarkan produknya Toko Ryancell tidak menggunakan promosi khusus hanya menggunakan secara langsung, Toko Ryancell juga menggunakan pamplet nama yang besar sehingga dapat dilihat oleh orang lain dan pelayanan yang diberikan oleh karyawan kepada konsumen juga sangat baik mulai dari datang disambut dengan ramah, dalam hal ini bertanya mengenai produk yang dijualnya kepada konsumen sangat baik dan dalam proses pembelian juga ada tawar menawar yang sangat mudah dan sangat cepat dalam melayani konsumennya, hambatan yang dialami yaitu dari segi strategi penjualan dimana terjadinya persaingan dagang karena lokasi yang terlalu berdekatan.

Kata kunci: Analisis SWOT, BMC, IFE EFE

S1 Manajemen
20