Pengaruh Harga, Promosi, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor)
ABSTRAK DEWI FUJI ASTUTI. NIM 612.001.210.08892. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor) Belanja online di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa hal yang menjadi faktor utama dalam pertumbuhan belanja online di Indonesia ialah penetrasi internet yang tinggi, Indonesia memiliki populasi pengguna internet terbesar keempat di dunia. Menurut data dari We Are Social dan Hootsuite, pada tahun 2021, pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 196,7 juta orang, atau sekitar 71% dari total populasi. E-Commerce menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga, Promosi, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 54,80% faktor-faktor keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor) dijelaskan oleh harga, promosi, dan brand ambassador toko sedangkan sisanya 46,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari harga dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor) dengan hasil analisis Fhitung = (41,054) > Ftabel = (2,14). Hasil Uji t menunjukkan variabel harga hasil analisis thitung (6,440), promosi (5,946), dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel brand ambassador menunjukkan hasil thitung (902), dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor). Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Kota Bogor ialah harga dan promosi).
Kata kunci: harga, promosi, brand ambassador, keputusan pembelian
- COVER_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
- BAB I_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
- BAB II_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
- BAB III_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
- BAB IV_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
- BAB V_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_DEWI FUJI ASTUTI_61201121008892.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.