Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan PT Rajawali Nusindo Cabang Bogor
Di era globalisasi ini, kualitas pelayanan dipandang sebagai hal yang kompetitif. Hal ini dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian atas pelayanan yang diberikan oleh karyawan terhadap perusahaan yang bergerak dibidang distribusi tentunya. Kualitas Pelayanan di PT Rajawali Nusindo dapat mempengaruhi penjualan dikarenakan sering terjadi menghambatnya transaksi yang dilakukan oleh karyawan dengan pihak pembeli. Seiring dengan pelayanan yang diberikan kepada pihak pembeli karyawan bisa dikatakan tidak konsisten dalam menjalankan tugas yang dilakukan. Hal ini dapat dirasakan oleh pihak pembeli terhadap pelayanan yang diberikan oleh karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang diproyeksikan dengan variabel bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap dan jaminan terhadap keputusan pembelian di PT Rajawali Nusindo Cabang Bogor baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Responden penelitian ini adalah pelanggan PT Rajawali Nusindo Cabang Bogor periode Maret 2023 yang melakukan pembelian produk consumer sebanyak 76 responden. Pengujian hasil pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 26. Dari hasil pengujian, dapat diperoleh kesimpulan, secara simultan, variabel bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap dan jaminan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun nilai Adjusted R Square sebesar 0,889, yang berarti variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap dan jaminan dapat menjelaskan variabel dependen yaitu keputusan pembelian sebesar 88,9%. Sedangkan sisanya 11,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian secara parsial, untuk semua variabel dependen memiliki nilai thitung > ttabel dan nilai Sig < 0,05, sehingga dapat disimpulkan jika variabel bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap dan jaminan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Bukti Fisik, Empati, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Keputusan Pembelian.
- Cover_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
- BAB I_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
- BAB II_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
- BAB III_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
- BAB IV_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
- BAB V_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
- Daftar Pustaka_Ifan Hermansyah_2411907871.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.