PENGEMBANGAN PRODUK KNALPOT MOTOR TITANIUM DENGAN METODE PENGEMBANGAN QFD SEBAGAI INOVASI PRODUK DI TZM PROJECT
Knalpot merupakan salah satu komponen penting dalam sistem knalpot kendaraan yang berkontribusi pada kinerja mesin dan suara yang dihasilkan. Penggunaan material titanium sebagai bahan dasar knalpot dapat memberikan keunggulan dalam hal kekuatan, ringan, dan daya tahan yang tinggi. Dengan adanya produk ini menjadi dorongan persaingan diindustri otomotif, agar dapat menghasilkan produk yang sesuai perlu diadakan pengembangan produk untuk peningkatan kualitas produk knalpot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepentingan konsumen, tingkat kepuasan konsumen dan atribut apa saja yang menjadi prioritas yang akan dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen di TZM Project. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TZM Project. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) dengan bantuan matriks House of Quality. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut produk knalpot TZM Project adalah knalpot memiliki ciri khas mempunyai bobot tertinggi yaitu sebesar 7.520, nilai skala kepentingan konsumen tertinggi yang menjadi titik perhatian utama dalam hal peningkatan kualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen ialah atribut yang memiliki bobot tertinggi dari atribut lainya. Semakin tinggi nilai normalized raw wight maka semakin penting kebutuhan tersebut bagi konsumen. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk knalpot TZM Project. menambahkan kreasi ciri khas knalpot dengan nilai kepentingan sebesar 35%. Selanjutnya penggunaan bahan baku yang berkualitas dengan nilai kepentingan 29%. Urutan ketiga adalah teknik pengelasan dilakukan oleh yang sudah professional dengan nilai kepentingan 17%. Atribut apa sajakah yang menjadi prioritas yang dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen adalah knalpot memiliki ciri khas menjadi prioritas utama bagi keinginan dan harapan konsumen dengan skala nilai kepentingan konsumen sebesar 7.520, selanjutnya dengan nilai kepentingan kedua 7.448 yaitu pada produk tidak ada kecacatan menjadi kebutuhan teknis yang perlu dilakukan dan dievaluasi oleh perusahaan, bahan baku yang kuat dan tahan lama menjadi prioritas ketiga yaitu sebesar 6.070, yang perlu diperhatikan oleh perusahaan.
Kata kunci: Quality Function Deployment, House Of Quality, Pengembangan Produk.
- COVER_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
- BAB I_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
- BAB II_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
- BAB III_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
- BAB IV_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
- BAB V_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_NICKO ALDI PRADANA_2411907563.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.