Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Matahari Department Store Di Cibinong City Mall

Widiya Natacha
2411907913
2023
Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Matahari Department Store Di Cibinong City Mall
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

WIDIYA NATACHA. NIM 2411907913. Pengaruh Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Matahari Department Store Di Cibinong City Mall. Persaingan dalam dunia bisnis yang luas saat ini untuk dapat menembus pasaran semakin hari semakin ketat, hal ini disebabkan adanya era globalisasi dan perkembangan dunia modern yang terus maju dan mengalami perubahan. Industri ritel merupakan salah satu dari sekian banyak industri yang mengalami perkembangan yang cukup positif. Salah satu industri ritel yang ada di Indonesia yaitu department store. Adapun permasalah seperti lokasi yang tidak mudah dijangkau, promosi yang dilakukan hanya dalam waktu tertentu saja, ketidaksigapan dalam melayani hingga mengkesampingan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Lokasi, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Matahari Department Store Cibinong City Mall. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara probability sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan rumus lemeshow. Dengan hasil uji regresi menunjukan bahwa 50,7% faktor-faktor kepuasan pelanggan PT. Matahari Department Store Cibinong City Mall dijelaskan oleh lokasi, promosi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 49,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independent yang terdiri dari lokasi, promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Matahari Department Store Cibinong City Mall dengan hasil analisis Fhitung = (34,924) > dari Ftabel = (2,47). Hasil Uji t menunjukkan variabel lokasi hasil analisis thitung = (-0,247) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, berbeda dengan variabel promosi menunjukkan hasil thitung (4,160) dan kualitas pelayanan (3,279) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Matahari Department Store Cibinong City Mall. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Matahari Department Store Cibinong City Mall adalah promosi.

Kata kunci: lokasi, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

S1 Manajemen
46