Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Volcan Coffe

Valentino Kurniawan
2432000267
2023
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Volcan Coffe
Depok-GICI Business School-2023
Laporan Tugas Akhir (D III)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara bersama-sama maupun parsial serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di Volcan Coffe. Variabel bebas yang dimaksud adalah kualitas pelayanan dan variable terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di Volcan Coffe Bogor. Populasi sampel yang digunakan adalah konsumen Volcan Coffe. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Berdasarkan hasil uji regresi pada penelitian ini menunjukkan sig. F 0,000 <0,5 yang berarti kualitas pelayanan berpengaruh signifikan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa Variabel (X4) Jaminan memiliki pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel lainnya maka variabel (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan. Terbukti kualitas pelayanan mempunyai hubungan positif dengan kepuasan pelanggan atau tingkat hubungan kuat. Dari hasil analisis data penelitian diketahui bahwa kepuasan pelanggan di Volcan Coffe dipengaruhi sebesar 24,7% oleh kualitas pelayanan, sedangkan 76,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan

D3 Manajemen Pemasaran
95