PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA HOTEL ASTON BOGOR
Persaingan bisnis yang semakin ketat, karena adanya kemajuan teknologi dan informasi. dimana perusahaan harus mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik agar dapat bersaing. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menerapkan Total Quality Management pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pada pelanggan, orientasi pada kualitas, pemberdayaan karyawan, manajemen berdasarkan fakta terhadap kinerja operasional pada Hotel Aston Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Metode penelitiannya berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sampel yang dilakukan dengan cara saturation sampling (sampel jenuh). Sampel tersebut berjumlah 30 responden, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 51,5% faktor-faktor kinerja operasional dapat dijelaskan oleh orientasi pada pelanggan, orientasi pada kualitas, pemberdayaan karyawan, manajemen berdasarkan fakta sedangkan sisanya 48,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kinerja operasional dapat dijelaskan oleh orientasi pada pelanggan, orientasi pada kualitas, pemberdayaan karyawan dan manajemen berdasarkan fakta secara serempak berpengaruh positif dan sigifikan terhadap kinerja operasional dengan hasil analisis yaitu Fhitung (8,695) > Ftabel (2,760). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel orientasi pada pelanggan menunjukkan hasil analisis thitung (-0,548) variabel orientasi pada kualitas menunjukkan hasil analisis thitung (-1,285) variabel pemberdayaan karyawan menunjukkan hasil analisis thitung (2,915) dan variabel manajemen berdasarkan fakta menunjukkan hasil analisis thitung (2,174) dimana ttabel (2,059) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional pada Hotel Aston Bogor. Adapun variabel orientasi pada pelanggan orientasi pada kualitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional pada Hotel aston Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kinerja operasional pada Hotel Aston Bogor adalah pemberdayaan karyawan.
Kata kunci: Orientasi Pada Pelanggan, Orientasi Pada Kualitas, Pemberdayaan Karyawan, Manajemen Berdasarkan Fakta
- COVER_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
- BAB I_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
- BAB II_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
- BAB III_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
- BAB IV_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
- BAB V_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_NADILA PUTRI UTAMI_2411907556.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.