PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMBELI PRODUK ALAT KESEHATAN DI PT. MULTY SYNERGY PERSADA DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI INTERVENING

R Deni Fajar Fitriansyah
Dr. Hermawan, SE, MM, CIPM, COBIT5, ITIL4, Prince2, CDBL, CDTP, QIA, CGCAE, CRGP.
Dr. Christina Ekawati, SE., MM.
61101020200040
2023
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMBELI PRODUK ALAT KESEHATAN DI PT. MULTY SYNERGY PERSADA DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI INTERVENING
Depok-GICI Business School-2023
Tesis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Produk (X4), Segmentasi (X5), Targeting (X6), Positioning (X7) terhadap keputusan pembelian (Z) alat Kesehatan di PT. Multy Synergy Persada dengan Citra Perusahaan (Y) sebagai Variabel Intervening. Latar belakang penelitian ini mencerminkan pentingnya memahami bagaimana faktor-faktor pemasaran seperti promosi, harga, distribusi, produk, segmentasi pasar, targeting, dan positioning dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen di industri alat Kesehatan. PT. Multy Synergy Persada berada dalam kompetisi sengit dalam pasar alat Kesehatan, sehingga memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian pelanggan serta peran citra perusahaan sebagai variabel perantara menjadi kunci dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Multy Synergy Persada, dengan total target responden sebanyak 100 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas memenuhi standar yang ditetapkan. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa semua hipotesis terkait dengan variabel Promosi (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Produk (X4), Segmentasi (X5), Targeting (X6), Positioning (X7), terhadap keputusan pembelian (Z) diterima. Hal serupa juga berlaku untuk variabel Promosi (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Produk (X4), Segmentasi (X5), Targeting (X6), Positioning (X7), terhadap Citra Perusahaan (Y). Hasil ini juga menunjukkan bahwa citra Perusahaan memediasi hubungan antara semua variabel independen dan keputusan pembelian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dan bauran pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi PT. Multy Synergy Persada dalam meningkatkan citra perusahaan dan memengaruhi keputusan pembelian pelanggan terkait produk alat Kesehatan.

Kata kunci: citra perusahan, promosi, harga, Place, Produk, segmentasi, targeting, positioning, keputusan pembelian

S2 Manajemen
64