PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID DI BIMBA AIUEO UNIT MUARA BOGOR
NUR AFRI LAILA PUTRI FAKHRIYATI. NIM 2411907899. Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Orang Tua Murid di BIMBA AIUEO unit Muara Bogor. Di era sekarang lembaga Bimbel saling bersaing dengan menawarkan berbagai jenis program dan metode pembelajaran yang menarik. Bukan hanya lembaga Bimbel lainnya, antar BIMBA pun berlomba untuk menarik minat para orang tua siswa agar bisa mengikuti kelas BIMBA. Permasalahan yang dihadapi oleh BIMBA AIUEO unit Muara Bogor ialah mengenai kurang maksimalnya target penambahan murid, kurang maksimalnya cara melakukan promosi, berbeda-bedanya harga antar unit, dan kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua murid di BIMBA AIUEO unit Muara Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik analisis data dengan regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian kualitas data dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil olah data menunjukkan item kuisioner bersifat valid dan semua variabel bersifat reliabel. Pengujian data dilakukan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa, variabel promosi, harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua murid dengan Uji F menunjukan bahwa nilai F hitung sebesar 221.484 > dari F Tabel sebesar 3.08. Dan untuk Uji t menunjukkan variabel promosi memperoleh thitung 3.188 dan variabel kualitas pelayanan memperoleh thitung 2.890 dengan nilai ttabel 1.668, artinya secara parsial variabel promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan orang tua murid. Sedangkan variabel harga memperoleh thitung 1.025 < nilai ttabel 1.668, artinya secara parsial variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan orang tua murid. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan orang tua murid dilihat dari Standarized Coefficient Beta ialah promosi sebesar 0,321.
Kata kunci: Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan
- COVER_NUR AFRI_2411907899.pdf
- BAB I_NUR AFRI_2411907899.pdf
- BAB II_NUR AFRI_2411907899.pdf
- BAB III_NUR AFRI_2411907899.pdf
- BAB IV_NUR AFRI_2411907899.pdf
- BAB V_NUR AFRI_2411907899.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_NUR AFRI_2411907899.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.