PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BOOGIE DESSERT & SUSHI BOGOR
Salah satu kunci agar perusahaan selalu dapat bersaing mempertahankan eksistensinya adalah dengan cara memperkuat manajemen pemasaran serta mengembangkan metode-metode yang baru. Tanpa adanya manajemen pemasaran, perusahaan tidak akan bisa berjalan sesuai dengan harapan. Saat ini, perkembangan bisnis kuliner di Indonesia cukup pesat dan meluas. Hal tersebut dikarenakan hanya bisnis kuliner yang akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang, sehingga kategori bisnis ini tidak akan pernah padam. Melihat kondisi yang terjadi, para pelaku usaha kuliner saling berkompetisi untuk memberikan yang terbaik kepada para konsumennya. Salah satunya yaitu dengan memberikan pelayanan yang maksimal guna terciptanya kepuasan konsumen. Seperti Boogie Dessert & Sushi Bogor yang selalu mengutamakan konsumennya sehingga sekarang masih bertahan sampai saat ini. Usaha kuliner ini berdiri dengan harapan dapat mengembangkan Dessert dan Sushi dengan kreasi modern sesuai dengan kegemaran masyarakat di era sekarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Boogie Dessert & Sushi Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survei serta teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang datang ke Boogie Dessert & Sushi Bogor. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling yang meliputi Insidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 30% faktor-faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh indikator berwujud, keandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, serta empati. Sedangkan selebihnya 70% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear sederhana diperoleh Y = 10.543 + 0.172X. Artinya, semakin sesuai kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen pada Boogie Dessert. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (6.595) > ttabel (1.984), maka secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Boogie Dessert & Sushi Bogor.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan konsumen
- Cover_RATNA_2432000260.pdf
- BAB I_RATNA_2432000260.pdf
- BAB II_RATNA_2432000260.pdf
- BAB III_RATNA_2432000260.pdf
- BAB IV_RATNA_2432000260.pdf
- BAB V_RATNA_2432000260.pdf
- Daftar Pustaka_RATNA_2432000260.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.