PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ALFAMART (STUDI KASUS ALFAMART KOTA BOGOR)

Dinda Oktavianiesa
2411907455
2023
PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ALFAMART (STUDI KASUS ALFAMART KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan pelanggan di Alfamart (Studi Kasus Alfamart Kota Bogor). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 53,30% faktor-faktor kepuasan pelanggan di Alfamart Kota Bogor dijelaskan oleh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, harga, dan empati sedangkan sisanya 46,70% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Kota Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (37,850) > Ftabel = (2,19). Hasil Uji t menunjukkan variabel kehandalan thitung (5,094), jaminan (2,200), harga (5,285) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel bukti fisik menunjukkan hasil thitung (-0,288), daya tanggap (-0,396), empati (-2,279), dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Kota Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Alfamart Kota Bogor adalah Harga.

Kata kunci: bukti fisik, keandalan, respon, jaminan, empati, harga, kepuasan pelanggan.

S1 Manajemen
60