PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN GRESIK KOTA TANGERANG

Adi Suryadi
2411807132
2023
PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN GRESIK KOTA TANGERANG
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Industri Semen adalah salah satu industri yang sangat penting dalam menunjang pembangunan negara. Konsumsi semen merupakan salah satu indikator dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tinggi rendahnya konsumsi semen menunjukkan tinggi rendahnya pembangunan infrastruktur di suatu negara. Kota Tangerang dikenal sebagai “Kota Seribu Industri” karena banyaknya industri yang dibangun, termasuk perusahaan industri semen yang bergerak di bidang distributor. Banyaknya perusahan distributor membuat persaingan semakin ketat diantaranya yaitu PT Semen Indonesia (semen Gresik) dan PT Indocement (Tiga Roda) yang selalu menjadi perbincangan dikalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Semen Gresik Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 41,60% faktor-faktor keputusan pembelian Semen Gresik Kota Tangerang dijelaskan oleh ekuitas merek, kualitas produk, harga, dan promosi sedangkan sisanya 58,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari ekuitas merek, kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian semen Gresik Kota Tangerang dengan hasil analisis Fhitung = (18,663) > Ftabel = (2,46). Hasil Uji t menunjukkan variabel ekuitas merek hasil analisis thitung (2,189) kualitas produk thitung (3,168) variabel harga thitung (2,617) dan promosi (3,284) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Semen Gresik Kota Tangerang. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian Semen Gresik Kota Tangerang adalah kualitas produk dan promosi.

Kata kunci: Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Harga, Promosi

S1 Manajemen
45