PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS KOTA BOGOR)

Fera Aprianti
2411907865
2023
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Perkembangan teknologi menjadi alasan utama terjadinya pergeseran perilaku konsumen yang melakukan pembelian melalui offline shop. Hal ini yang membuat masyarakat mulai beralih dari offline store ke belanja online, melihat fenomena perilaku konsumen yang semakin maraknya dunia digital ini maka semakin mudah konsumen untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan pada zaman sekarang melalui online. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui secara simultan harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Shopee di kota Bogor, untuk mengetahui secara parsial harga mempengaruhi keputusan pembelian pengguna E- Commerce Shopee di kota Bogor dan untuk mengetahui secara parsial promosi mempengaruhi keputusan pembelian pengguna E-Commerce Shopee di kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 46,20% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel indikator harga dan promosi sedangkan sisanya 53,80% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (6,539) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel harga berpengaruh signifikan. Dan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel stimulus pemasaran menunjukkan hasil analisis thitung (2,908) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di kota bogor terhadap E-Commerce Shopee.

Kata kunci: Harga, Promosi , Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
76