ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA SEPATU MEREK SOLID SHOES DI DESA SUKARESMI BOGOR
ABSTRAK DIKI WAHYUDI. NIM 2432000251. Analisis Strategi Pemasaran Pada Sepatu Merek Solid Shoes Di Desa Sukaresmi Bogor. Seiring dengan perkembangan bisnis fashion yang saat ini sedang tren, maka perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang penjualan fashion baik yang skala besar maupun yang skala kecil mulai banyak bermunculan. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti tidak mempunyai sasaran pasar (target market) yang spesifik, program diskon harga setiap saat dalam jumlah besar namun sebenarnya tidak sesuai dengan kenyataan, banyaknya komplain yang berhubungan dengan kualitas barang. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan Solid Shoes juga menganalisis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan Solid Shoes. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan Solid Shoes . Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan Solid Shoes adalah lokasi perusahaan yang strategis dan milik sendiri, memliki tenaga kerja yang cukup banyak dan sudah handal dalam bidangnya, jasa yang diberikan berkualitas sangat baik dan bermutu, gedung perusahaan yang cukup luas, brand dikenal oleh masyarakat luas, kualitas pelayanan yang diterapkan cukup baik, memiliki harga yang terjangkau sesuai dengan kemampuan konsumen. Kelemahannya adalah Inovasi usaha dapat ditiru pesaing, tenaga kerja datang tidak tepat waktu, promosi yang dilakukan sudah melalui sistem online tetapi masih kurang efektif, pekerja yang kurang solid, sarana dan prasarana yang kurang lengkap. Peluangnya adalah sistem promosi dapat diinovasikan dengan berbagai cara menggunakan teknologi, mengetahui pangsa pasar pesaing, daya tarik yang kuat dihari tertentu, gaya hidup masyarakat yang modern, sasaran pemasaran menggunakan jangka panjang dan pendek. Peluangnya adalah kecanggihan alat promosi di tempat pesaing, banyaknya pelaku usaha yang menawarkan harga sepatu dan sandal lebih terjangkau, lokasi pesaing berdekatan, banyak pesaing sejenisnya, kualitas pelayanan yang dimiliki pesaing lebih unggul , sarana dan prasarana pesaing lebih legkap.
Kata kunci: Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Solid Shoes, SWOT.