PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN MA AL-INAYAH KOTA BOGOR

Ade Avita
2432000247
2023
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN MA AL-INAYAH KOTA BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Jurnal

ABSTRAK ADE AVITA. NIM 2432000247. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Lembaga Pendidikan MA Al-Inayah Kota Bogor. Seiring berjalannya waktu sistem pendidikan di Indonesia mengikuti perkembangan zaman dapat dilihat dari pergantian kurikulum belajar yang berlaku. Menurut UU No.20 Tahun 2003, Pendidikan di Indonesia didefinisikan sebagai usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Adapun masalah yang dihadapi lembaga pendidikan seperti mengalami penurunan jumlah siswa/i, adanya komentar siswa/i mengenai sistem pelayanan, maka dari itu perlu adanya pembenahan dari pihak sekolah mengenai sistem pelayanan yang diberikan terhadap siswa/i. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Lembaga Pendidikan MA Al-Inayah Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 75 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 41,3% faktor-faktor keputusan memilih sedangkan sisanya 58,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis t hitung (7,288) dimana t tabel (1,666) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih lembaga pendidikan MA Al-Inayah Kota Bogor.

Kata kunci: Kata kunci: Kualitas pelayanan dan keputusan memilih.

  • JURNAL_ADEAVITA_2432000247.pdf
D3 Manajemen Pemasaran
66