PENGARUH DISPLAY PRODUK, LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART SUNAN GIRI, BALARAJA BANTEN

Muhamad Daffa Fachruroji
2411907534
2023
PENGARUH DISPLAY PRODUK, LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART SUNAN GIRI, BALARAJA BANTEN
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Saat ini Indonesia memasuki masa perkembangan dunia ritel dan mulai menunjukan adanya pemulihan seiring berjalannya waktu dan perkembangan di masyarakat yang kembali normal pasca pandemi. Pertumbuhan industri ritel di Indonesia memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan membantu tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Dalam menghadapi persaingan industri ritel, beberapa strategi yang digunakan oleh Alfamart antara lain mengenai Display Produk, Lokasi dan Citra merek terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Display Produk, Lokasi, dan Citra merek terhadap keputusan pembelian di Alfamart Sunan giri Balaraja Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian beerupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis yang di gunakan adalah analisis linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 49,6% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh display produk, lokasi, dan citra merek sedangkan sisanya 50,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F dan uji T menunjukan bahwa secara simultan variabel display produk dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Variabel citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart sunan Giri Balaraja Banten. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Alfamart Sunan Giri Balaraja Banten adalah Display Produk

Kata kunci: Display Produk, Lokasi, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

S1 Manajemen
61