PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTS AL-HIDAYAH TAMANSARI BOGOR
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi Kerja (X1), Disiplin Kerja (X2), dan Lingkungan Kerja (X3) Terhadap Kinerja (Y) Guru di MTs Al-Hidayah Tamansari Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Metode Asosiatif model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Untuk metode pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada seluruh guru, dan untuk teknik pengambilan sampling dengan sampel jenuh. Adapun sampel tersebut berjumlah 30 responden. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 96,5% faktor-faktor kinerja guru dapat dijelaskan oleh motivasi kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja sedangkan sisanya 3,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel motivasi kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (249.283) > Ftabel (2,99). Hasil uji t menunjukan bahwa hasil analisis variabel disiplin kerja thitung (2,065), motivasi kerja thitung 5,512 dan variabel lingkungan kerja thitung(3,539) di mana ttabel (2,051) maka secara parsial dan simultan variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MTs Al-Hidayah Tamansari Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kinerja guru di MTs Al-Hidayah Tamansari Bogor adalah variabel Motivasi Kerja.
Kata kunci: Kata kunci : motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja, kinerja guru.