Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pujasera 3 Ciawi-Bogor.

Rini Agustin
61201121008896
2023
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pujasera 3 Ciawi-Bogor.
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

RINI AGUSTIN. NIM 61201121008896. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor. Perkembangan zaman mendorong perkembangan dunia bisnis salah satunya bisnis wisata kuliner, banyaknya usaha-usaha kuliner yang mengangkat menu makanan yang di gemari hampir oleh seluruh masyarakat, dengan ini menunjukan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Pujasera 3 Ciawi-Bogor merupakan salah satu contoh usaha kuliner yang berada dikawasan wisata popular di Bogor-Jawa Barat, usaha ini bergerak di bidang kuliner yang mengangkat menu-menu lokal dengan terus melakukan peningkatan inovasi untuk keberlangsungan usaha walaupun masih terdapat kekurangan serta bagian-bagian yang belum dikembangkan oleh Pujasera 3 Ciawi-Bogor. Karena terbatasnya pengetahuan dan tenaga, maka dari itu peneliti tertarik untuk membantu dalam menyelesaikan masalah ini. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 63,90% faktor-faktor keputusan pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor dijelaskan oleh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi toko sedangkan sisanya 36,10% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, harga, promosi dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor dengan hasil analisis Fhitung = (44,857) > Ftabel = (2,47). Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas produk menunjukkan hasil thitung (2,635), harga (3,288), lokasi (5,860), dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (0,776), dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Pujasera 3 Ciawi-Bogor adalah variabel lokasi.

Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, lokasi, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
80