Strategi Pengembangan Bisnis Zona Fried Chicken Dalam Mempertahankan Usahanya
ABSTRAK MUHAMAD ASEP RIDWAN. NIM 2411907533. Strategi Pengembangan Bisnis Zona Fried Chicken Dalam Mempertahankan Usahanya. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang makanan siap saji atau fast food adalah Zona Fried Chicken. Sampai saat ini Zona Fried Chicken sudah mempunyai 6 outlet di dua Kota yaitu Bogor dan Depok. Restoran siap saji ini menyajikan makanan yaitu fried chicken. Target pasar dari restoran siap saji ini adalah kalangan menengah. Gaya hidup dan kecenderungan pola konsumsi makanan yang praktis dan cepat mampu menstimulasi pelaku pasar untuk masuk dalam pangsa pasar ini. Mengingat adanya persaingan dalam lingkungan bisnis franchise ini, perusahaan dituntut untuk dapat menjalankan usahanya dengan efektif dan efisien. Zona Fried Chicken juga menghadapi beberapa pesaing yang sejenis. Agar dapat terus bertahan dan menjaga eksistensinya maka Zona Fried Chicken membutuhkan peningkatan kualitas internal perusahaan dan menyesuaikan dengan perubahan lingkungan industri eksternalnya. Sehingga diperlukan perumusan strategi yang tajam yang sesuai dengan kemampuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan Internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan bagi Zona Fried Chicken, untuk mengetahui lingkungan Eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi Zona Fried Chicken, untuk mengetahui alternatif pemilihan strategi pengembangan bisnis di Zona Fried Chicken, untuk mengetahui prioritas strategi yang tepat diimplementasikan di Zona Fried Chicken. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang didapat dari hasil interview, observasi, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil matriks IFE dengan skor 2.415 dan matriks EFE sebesar 3.165 yang menjadi kekuatan utama Zona Fried Chicken adalah Tenaga kerja proses produksi yang memadai dengan skor 0.147, sedangkan yang menjadi kelemahan utama perusahaan ini yaitu Lokasi outlet Zona Fried Chicken dengan bobot 0.080, Faktor eksternal yang menjadi peluang utama Zona Fried Chicken adalah Daya beli masyarakat dengan bobot 0.160, sedangkan yang menjadi ancaman utama perusahaan ini yaitu Banyaknya penjual tepung bumbu 0.080. Hasil pemetaan pada matriks IE menunjukkan bahwa posisi Zona Fried Chicken berada pada kuadran II yaitu tumbuh dan membangun (Grow and Build). Yang menunjukkan bahwa 3 prioritas strategi yang dapat dilakukan untuk Zona Fried Chicken berdasarkan matriks QSPM yaitu. Melakukan inovasi produk dengan menambahkan produk seperti kentang goreng, minuman, burger untuk menarik minat customer (Σ TAS = 7.480), Mencari tempat atau lokasi yang strategis dan ramai penduduk seperti jalan perkampungan dan lingkungan sekolah (Σ TAS = 7.333) dan Melakukan promosi secara offline dan online (Σ TAS = 7.187)
Kata kunci: Kata Kunci: Fried Chicken, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks Swot, Matriks QSPM
- Cover_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
- BAB I_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
- BAB II_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
- BAB III_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
- BAB IV_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
- BAB V_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
- Daftar Pustaka_M Asep Ridwan_2411907533.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.