Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor

Maryamah
2411907951
2023
Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

MARYAMAH. NIM 2411907951. Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor. Melihat kondisi yang terjadi saat ini di SMK Kusuma Bangsa adanya pemberian kompensasi dengan sistem pemerataan bagi guru yang berstatus sebagai guru tetap Yayasan yang mengakibatkan kecemburuan sosial bagi sebagian guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor. Serta kurangnya disiplin kerja guru yang kurang baik akan mengganggu proses kegiatan belajar mengajar dan menyebabkan menurunya minat belajar siswa dan penurunan kualitas pembelajaran sehingga akan berdampak pada nilai siswa. Berdasarkan Data Rekapitulasi kehadiran guru di SMK Kusuma Bangsa yang menunjukan masih tingginya tingkat ketidakhadiran guru pada setiap bulannya seperti pada bulan Desember 2022 sampai dengan bulan Februari 2023. Selain itu kurangnya dukungan dari pihak sekolah, baik dalam bentuk sumber daya, fasilitas, ataupun pengakuan terhadap kinerja dan upaya kerja bisa membuat guru merasa tidak dihargai dan kehilangan semangat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompensai, Disiplin Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel 42 responden yang merupakan para guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor. Hasil uji regresi yang di peroleh dari penelitian ini adalah Y 2,711 – 0,578X1 + 1,479X2 + 0.419X3 . Dalam upaya mengidentifikasi seberapa jauh pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya, diperoleh dari nilai koefisien determinasi. Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa nilai koefisien determinasi yang dinyatakan dalam AdjustedR Square adalah 0,672 atau 67,2% ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel independent adalah 67,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Selanjutnya untuk mengetahui signifikan tidaknya hasil penelitian dengan menghitung t hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka t hitung variabel kompensasi adalah -2,681 sedangkan angka t tabel adalah 2,024 (t hitung > t tabel) artinya variabel kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor, angka t hitung variabel disiplin kerja adalah 6,821, sedangkan angka t tabel adalah 2,024 (t hitung > t tabel) artinya variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor. Adapun untuk angka t hitung variabel motivasi kerja adalah 2,339, sedangkan angka t tabel adalah 2,024 (t hitung > t tabel) artinya variabel motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor. Secara parsial kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor karena t hitung (-2,681) t tabel (2,024). Secara parsial disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor karena t hitung (6,821) t tabel (2,024), serta nilai signifikansinya di dibawah 0,05. Secara parsial motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMK Kusuma Bangsa Bogor karena t hitung (2,339) t tabel (2,024), serta nilai signifikansinya di dibawah 0,05. Kata Kunci : Kompensasi, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru

Kata kunci: Kompensasi, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru

S1 Manajemen
69