PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN SMK NIBA
Pada era modern saat ini, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten. Pendidikan dipilih karena dianggap sebagai salah satu alat yang efektif untuk membantu menciptakan generasi bangsa yang dinamis, produktif, terampil, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat kini semakin menyadari pentingnya pendidikan dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Seiring dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan lembaga Pendidikan khususnya SMK juga cukup tinggi. SMK NIBA merupakan salahsatu lembaga Pendidikan yang ada di Kota Bogor. Dengan berlabel sekolah bisnis serta berlokasi di pusat Kota Bogor, namun pertumbuhan jumlah peserta didik selalu stagnan. Karena keterbatasan pengetahuan dan sumber daya, peneliti merasa tertarik untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah ini. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusa Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK NIBA.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK NIBA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara quota sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 37,50% faktor-faktor keputusan memilih lembaga Pendidikan SMK NIBA dijelaskan oleh citra merek, promosi, dan lokasi sedangkan sisanya 62,50% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari citra merek, promosi dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih lembaga Pendidikan SMK NIBA dengan hasil analisis Fhitung = (13,801) > Ftabel = (2,47). Hasil Uji t menunjukkan variabel citra merek hasil analisis thitung (4,358), promosi (2,236), dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel lokasi menunjukkan hasil thitung (-1,544), dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih SMK NIBA. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang dominan mempengaruhi keputusan siswa memilih lembaga Pendidikan SMK NIBA adalah variabel citra merek.
Kata kunci: smk niba, citra merek, promosi, lokasi dan keputusan pembelian
- COVER_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
- BAB I_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
- BAB II_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
- BAB III_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
- BAB IV_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
- BAB V_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_MUHAMAD SAEPURAHMAN_61201121008895.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.