Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK YASPI Kabupaten Bogor

Mochamad Yatma Mulady
2432000253
2023
Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK YASPI Kabupaten Bogor
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Pendidikan dianggap sebagai salah satu bagian didalam pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul, berkarakter, berkualitas serta berdaya saing sebagai langkah untuk memajukan peradaban sebuah bangsa. Semangat tersebut kemudian diterjemahkan oleh para pegiat pendidikan untuk mendirikan lembaga pendidikan dalam rangka membantu pemerintah untuk pemerataan akses pendidikan yang mudah, murah, dan berkualitas. Banyaknya jumlah lembaga pendidikan di masyarakat ini kemudia memberikan berbagai alternatif pilihan bagi siswa untuk menentukan lembaga pendidikan mana yang sesuai Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan SMK YASPI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 68 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana Hasil Adjusted R Square menunjukkan bahwa 48,70% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh citra merek sedangkan sisanya 51,30% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan lembaga pendidikan SMK YASPI dengan nilai hasil analisis thitung¬ (3,887) dimana ttabel (1,670) maka secara parsial variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMK YASPI. dengan minat, bakat, dan cita-cita dimasa depan. Didalam proses seleksi berbagai alternatif tersebut, terdapat banyak faktor yang menjadi dasar pemilihan lembaga pendidikan nantinya.

Kata kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, SMK YASPI

D3 Manajemen Pemasaran
116