PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN KONSUMSI PUTRA JAYA MAS DI BOGOR

Princess Gusti Ratu Rarasantang Syahrani Kusumah Dewi Heroeningrat
2411907900
2023
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN KONSUMSI PUTRA JAYA MAS DI BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

ABSTRAK PRINCESS GUSTI RATU RSKDH. NIM 2411907900. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Konsumsi Putra Jaya Mas Di Bogor Bisnis Perikanan Air Tawar adalah satu bisnis yang memiliki peluang besar menjadi komoditi di bidang agroindustri karena memiliki hasil dan keuntungan ekonomi yang tinggi. Perubahan lingkungan perusahaan terutama perubahan gaya konsumsi masyarakat dan faktor pesaingan yang mampu menghasilkan produk yang sejenis, menyebabkan banyak perusahaan berorientasi pada konsumen. Perusahaan dituntut untuk memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya dengan menawar atau menjual produk yang berkualitas serta pelayanan yang baik terhadap pelanggannya. Kondisi ini juga menjadi tantangan yang dihadapi oleh salah satu usaha bisnis pemasok Ikan Air Tawar yaitu Putra Jaya Mas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kulitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Putra Jaya Mas Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel kulitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian adalah sebesar 15,6 persen, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kulitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian secara simultan dengan hasil analisis Fhitung = (5,575) > Ftabel = (2,47). Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel variabel kulitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian secara parsial dengan hasil analisis thitung variabel kualitas produk (0,915), kualitas pelayanan (1.349) dan lokasi (1.251) lebih kecil dibanding ttabel (1,985) sedangkan harga (4.103) lebih besar dibanding ttabel (1,985). Lebih lanjut hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Putra Jaya Mas.

Kata kunci: Kata kunci: kulitas produk, kualitas pelayanan, lokasi harga, keputusan pembelian

S1 Manajemen
189