Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di toko Super Bangunan

Riska Faujiah
2432000261
2023
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di toko Super Bangunan
Depok-GICI Business School-2023
Laporan Tugas Akhir (D III)

RISKA FAUJIAH. NIM 2432000261. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Super Bangunan Cikaret Bogor. Sesuai dengan Visi dan Misi pada Toko Super Bangunan Cikaret yaitu, Menjadi outlet modern bahan bangunan yang memiliki pelayanan terbaik dan terlengkap dengan cara memberikan pelayanan yang outstanding. Adapun permasalahan yang ada dalam toko ini adalah kurangnya akan komunikasi antar staff toko sehingga masih terjadi komplain dari pelanggan yang berhubungan dengan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Super Bangunan Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan sampling insidental. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 25% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh indikator Kehandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan wujud nyata, sedangkan sisanya 75% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan thitung (5,833) dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan toko Super Bangunan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

D3 Manajemen Pemasaran
149