STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT. KOPI KODING INOVASI BOGOR

Dimas Eska Dwifayansyah
2411807148
2023
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT. KOPI KODING INOVASI BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Pada era globalisasi saat ini, teknologi sudah begitu maju dan semakin mudah untuk digunakan. Tidak dapat dipungkiri, dengan berkembangnya teknologi setiap organisasi maupun perusahaan harus bersaing secara global. Organisasi maupun perusahaan mampu melakukan terobosan dan menciptakan inovasi baru. Peranan IT dalam suatu organisasi maupun perusahaan sangatlah penting untuk membantu organisasi maupun perusahaan mengambil keputusan, meningkatkan pelayanan dan menciptakan manajemen dengan operasional lebih terintegrasi.. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai dari menentukan faktor-faktor internal maupun eksternal berdasarkan IFE, EFE, selanjutnya digunakan metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil analisis QSPM terhadap PT. Kopi Koding Inovasi diperoleh dua alternatif strategi dengan nilai TAS tertinggi, yaitu Memperluas pangsa pasar dengan membuka pameran dibeberapa wilayah lain (SO1) dan Mempertahankan Kualitas dan produk (ST). Mempertahankan kualitas produk dan pelayanan merupakan cara PT. Kopi Koding Inovasi untuk mendapatkan kepercayaan konsumen untuk tetap setia terhadap produk yang ditawarkan oleh PT. Kopi Koding Inovasi. Memperluas kerjasama dengan perusahaan koperasi dan pemerintah merupakan strategi untuk mengembangkan bisnis untuk mencapai lebih banyak akses pasar yang sebelumnya tidak dicapai dengan sumber daya perusahaan yang terbatas.

Kata kunci: IFE, EFE, SWOT, QSPM, Strategi Bisnis, Konsultan IT, Manajemen. PT. Kopi Koding Inovasi.

S1 Manajemen
119