Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Kedai Suchay Di Kota Bekasi

Suci Rahayu
2411907341
2023
Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Kedai Suchay Di Kota Bekasi
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Seiring dengan perkembangan bisnis kuliner yang saat ini sedang tren, maka perusahaanperusahaan yang bergerak di bidang penjualan kuliner baik yang skala besar maupun yang skala kecil mulai banyak bermunculan. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti tidak mempunyai sasaran pasar (target market) yang spesifik, program promosi setiap saat dalam jumlah besar namun sebenarnya tidak sesuai dengan kenyataan, banyaknya komplain yang berhubungan dengan kualitas pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Kedai Suchay di Kota Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 97 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 68% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi sedangkan sisanya 32% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Harga, Kualitas Produk, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = (62.004) > dari Ftabel = (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (3.781) > ttabel (1,985). maka secara parsial valiabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli di Bakso Kedai Suchay Kota Bekasi. Adapun variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli di Bakso Kedai Suchay Kota Bekasi dengan nilai hasil analisis thitung (0.478) < ttabel (1,985) dan variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli di Bakso Kedai Suchay Kota Bekasi dengan nilai hasil analisisthitung (9.037) > ttabel (1,985). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan membeli di Bakso Kedai Suchay Kota Bekasi adalah Promosi.

Kata kunci: harga, kualitas produk, dan promosi

S1 Manajemen
68