Pengaruh Konten, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Instagram Wear Louki

Irma Rahmawati Putri
2412008443
2024
Pengaruh Konten, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Instagram Wear Louki
Depok-GICI Business School-2024
Skripsi

Industri fashion di Indonesia mengalami perkembangan pesat seiring dengan kemajuan teknologi, terutama melalui platform media sosial seperti Instagram. Instagram telah menjadi salah satu wadah utama bagi pelaku bisnis fashion untuk mempromosikan produk mereka. Meskipun Instagram menawarkan banyak peluang pemasaran, pelaku bisnis sering menghadapi dua tantangan utama: persaingan yang ketat di industri fashion membutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan pengguna Instagram cenderung sensitif terhadap harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten, promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Instagram Wear Louki. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Sampel penelitian ini sebanyak 42 pengikut Instagram Wear Louki yang sudah pernah melakukan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 91,20% adanya pengaruh konten, promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya 8,80% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel konten, promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel konten dan variabel harga secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Instagram Wear Louki. Adapun variabel promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Instagram Wear Louki. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Instagram Wear Louki adalah harga.

Kata kunci: Konten, Promosi, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
28