PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ALFAMART MM2100
Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran menjadi kunci utama bagi toko ritel untuk memenangkan hati konsumen. Dalam konteks ini faktor-faktor seperti produk, harga, promosi, dan kualitas pelayanan tidak bisa dipandang remeh. Masing-masing faktor ini memiliki peran signifikan dalam memengaruhi perilaku konsumen dan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini difokuskan pada analisis mendalam tentang bagaimana produk yang ditawarkan, kebijakan harga, strategi promosi, dan kualitas pelayanan di Toko Alfamart MM2100 berkontribusi terhadap preferensi pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhapap keputusan Pembelian Konsumen pada Alfamart MM2100. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 99 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 71,60% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 28,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (62,847) > Ftabel (2,465). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk menunjukkan hasil analisis thitung (4,799), kemudian variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (3,240), dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (3,917) dimana ttabel (1,661) maka secara parsial variabel produk, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart MM2100. Adapun variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (-1,303), maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart MM2100. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Alfamart adalah promosi.
Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
- Cover_Yusup Subarna_2412008083.pdf
- BAB I_Yusup Subarna_2412008083.pdf
- BAB II_Yusup Subarna_2412008083.pdf
- BAB III_Yusup Subarna_2412008083.pdf
- BAB IV_Yusup Subarna_2412008083.pdf
- BAB V_Yusup Subarna_2412008083.pdf
- Daftar Pustaka_Yusup Subarna_2412008083.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.